Telaga ini berlokasi di Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Berada di sisi selatan Jalan Raya Baturetno- Batuwarno.

Telaga seluas 1 hektar ini diprediksi sudah ada sejak 100 tahun yang lalu, dan terbentuk secara alami. Lokasi telaga  memang berada di dataran rendah, yang dikelilingi oleh perbukitan, sehingga air bisa mengalir dan berkumpul di tempat yang sekarang menjadi telaga Rowo ini.

Masyarakat sekitar Rowo, dulunya memanfaatkan telaga ini untuk keperluan sehari-hari. Mandi, mencuci, membersihkan hewan ternak, memancing dan sebagainya, Seiring perkembangan jaman, pemakaian telaga ini oleh warga semakin berkurang.

Air di telaga ini tidak pernah kering, tetapi pada musim kemarau, volume airnya menjadi berkurang. Warga masih memanfaatkan telaga ini untuk kegiatan pertanian maupun peternakan.

Sejak Tahun 2012 Pemerintah Desa Sumberejo mulai membuka Telaga Rowo ini dijadikan tempat wisata. Telogo Rowo mulai dipercantik dengan penataan penataan untuk menarik pengunjung. Benih ikan juga ditabur di telaga bagi yang minat untuk wisata mancing.

Wisatawan yang ingin mengelilingi telaga,  tersedia jasa transportasi perahu bebek. Pengunjung pun dapat mengeksplorasi luasnya telaga tersebut.

Kolam renang juga disediakan di area itu, tepatnya disebelah selatan telaga. Sehingga pengunjung yang ingin melampiaskan hasrat untuk berenang, tidak diperbolehkan untuk berenang di telaga, karena berbahaya. Sehingga disediakan kolam renang.

Di destinasi wisata tersebut terdapat berbagai macam spot foto yang sangat kekinian. Dengan adanya spot selfie tersebut Telaga Rowo menjadi buruan oleh para wisatawan, khususnya remaja.. Spot love gate yang mempunyai background ikon Telaga Rowo menjadi spot foto favorit

tidak jauh dari telaga tersebut atau sekitar 600 meter di utara telaga, terdapat juga Guo Kampret. Menurut warga setempat, gua tersebut memiliki lorong yang panjang dan lubang ke bawah tanah. Diprediksi gua tersebut memiliki potensi sungai bawah tanah.

Bagi Pecinta tanaman hias, terutama bunga anggrek, di wilayah Kecamatan Batuwarno, terdapat sentra pembudidayaan Bunga Anggrek. Letaknya di Desa Tegiri, Kecamatan Batuwarno. Sekitar 2 km kearah timur dari Telaga Rowo. Wisatawan dapat berkunjung ke lokasi tersebut, setelah menikmati keindahan Telaga Rowo

Telaga Rowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *