Hutan Atau Alas Donoloyo ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan Surat Brigade Planologi Kehutanan No. 1160/ V/ P1.k Tanggal 30 Maret 1961, dan diperkuat dengan SK. Penunjukan Menteri Kehutanan No. SK.359/ Menhut-II/ 2004 Tanggal 1 Oktober 2004. Luasnya sekitar 8.30 hektar.

Cagar Alam Donoloyo ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah. BKSDA Provinsi Jawa Tengah merupakan Unit Pelaksana Teknis dibawah Kementerian LIngkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Cagar Alam ini terletak di Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Pohon Jati merupakan tanaman yang paling dominan di area ini, dengan ukuran yang besar.

Wilayah ini dulunya merupakan hutan Jati milik Kraton Surakarta. Konon seluruh kebutuhan kayu untuk pembangunan Kraton Surakarta dipenuhi dari sini. Apabila Raja Surakarta membutuhkan kayu jati untuk membangun atau memperbaiki kraton, maka diambilah kayu dari Donoloyo ini. Maka tidak heran jika pohon-pohonnya berukuran besar dan kualitasnya nomor satu.

Selain Pohon Jati, di cagar alam ini juga terdapat juga Tanaman Sengon Buto, Eukaliptus, Jambu Air, Rengas , Kesambi, Randu Alas, dan Asam Jawa.

Faunapun juga ditemukan didaerah ini, terutama jenis burung, seperti Betet Biasa, Gelatik, Perkutut, Tekukur, Kutilang, Kepodang, Gemak dan sebagainya

Kondisi ini menjadikan Cagar Alam Donoloyo cocok untuk dikunjungi wisatawan yang ingin sekedar menikmati udara segar, dan memanjakan mata untuk melihat kehijauan dimana mana.

 

Cagar Alam Donoloyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *